Cara Mencegah Glaukoma Pada Penderita Darah Tinggi

Cara Mencegah GlaukomaTekanan darah tinggi yang terus dibiarkan selain akan membuat penderita menjadi sakit kepala, darah tinggi juga dapat menyebabkan resiko penyakit glaukoma. Bagaimana saja cara pencegahan glaukoma pada hipertensi? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Hipertensi merupakan penyakit yang paling umum terjadi, penyakit ini dapat terjadi pada semua orang. Penyakit hipertensi adalah penyakit dengan sebutan pembunuh diam-diam karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala dalam jangka waktu panjang namun dapat menyebabkan komplikasi yang dapat mengancam nyawa dan mata seperti glaukoma.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu yang dapat meningkatkan resiko glaukoma. Ketika darah mengalami kenaikan yang cukup tinggi maka pembuluh darah pada retina akan menjadi tebal. Akibatnya pembuluh darah akan menyempit dan aliran darah pada retina akan berkurang. Jika hal ini terus dibiarkan lama kelamaan bisa menyebabkan kerusakan saraf optik dan menimbulkan glaukoma.

Gejala yang paling umum dari glaukoma yaitu akan menjadi penyebab kepala pusing disertai mata sakit, kemerahan pada mata, bahkan kehilangan penglihatan secara permanen. Untuk mencegah terjadinya glaukoma pada penderita hipertensi hal terpenting adalah dengan menurunkan darah tinggi secara perlahan dengan perubahn pola hidup seperti :

  1. Rutin berolahraga.
    Dengan melakukan olahraga secara rutin tidak hanya dapat menurunkan berat badan namun juga bisa membatu anda untuk mengendalikan stres. Olahraga juga bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah, agar dapat mendapatkan manfaat yang maksimal cobalah untuk melakukan olahraga selama 30 menit sehari.
  2. Berhenti merokok.
    Tidak hanya dapat menimbulkan kanker paru merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah dan penumpukan darah diarteri yang akan menyebabkan tekanan darah semakin cepat dan akan sangat membahayakan pada kesehatan.
  3. Batasi asupan garam.
    Salah satu bahan makanan yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah secara berlebih yaitu natrium. Bagi anda yang mempunyai penyakit hipertensi sebaiknya hindari berbagai makanan yang mengandung natrium tinggi seperti makanan dalam kemasan.
  4. Dengan menambahkan asupan kalium.
    Kalium merupakan mineral yang dapat membantu untuk membantu efek natrium dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung kalium yaitu brokoli, air kelapa, pisang dan bayam.
  5. Minum obat secara teratur.
    Untuk mencegah glaukoma tidak hanya cukup dengan mengubah gaya hidup anda juga harus mengkonsumsi obat secara teratur jangan sampai melewatkannnya. Namun jika anda sudah terkena glaukoma anda bisa mengobatinya secara alami. Untuk lebih jelas, anda bisa membacanya dalam artikel tentang : Cara mengobati glaukoma.

Semakin anda bertambah usia, tindakan pencegahan merupakan suatu hal yang lebih penting untuk tetap menjaga agar tubuh lebih sehat dan menghindari adanya penyakit yang mungkin akan masuk dalam tubuh.

Itulah beberapa cara untuk mencegah glaukoma pada penderita hipertensi semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan komentar